Puisi dua keratan, lima perenggan dan lapan barisan

31 05 2010

Penyangat Tebuan

Negara Zikir
Brunei Darussalam
Tampuk Pemerintah
Sultan Hassanal
Keturunan Bolkiah
Penakluk Rantau
Pewaris Salasilah
AhlulBait Nabi

Hasil bumi
sumber rezeki
kurnia Ilahi
gas asli
Laila padi
minyak mantah
sudah batah
mahsul juntrah.

Kerajaan cakap
keamanan mantap
nikmat santap
kakal hantap
taat sikap
pada raja
maju bangsa
demi agama!

Lima tahun
menteri disusun
rakyat dituntun
digarap bangun
setengah dekad
semangat tekad
janji akad
amanah abad.

Jemaah menteri
silih berganti
nasib rezeki
individu peribadi
dibela sendiri
berdikari mandiri
kepelbagaian ekonomi
bilatah menjadi?

Keris Warisan

Advertisements




Puisi derita jeritan batin

27 05 2010

Hatiku ‘nangis senyum ketawa

Riak wajahku buat reka
dalam hati Tuhan saja tau
jeritan batin amat derita
namun hidup terus jalan berliku
walau redha terima seada-Nya
hati pecah terburai beribu
aku hanya manusia biasa
alang kepalang tiada rindu.
Ku pendam dendam rasa
bagaikan panasnya genggam bara
jiwa raga tak bermaya
nyawa lesu tanpa deria
nafsu berkata-kata beria-ia
doakan kehancuran hidup si-dia
akal waras rasional berbicara
Maha Pengampun maafkan saja.
Allah Taala Maha Adil
tak biarkan hamba-Nya kerdil
dizalimi dianiaya hati kecil
meronta-ronta dalam penjara terpencil
di hujung pisuk dunia tamsil
ibarat lukisan lakiran pensil
bisa terpadam tanpa hasil
hapus pupus segala tartil…

Keris Warisan
Selasa @ 11:55am





Puisi belandih kurapak Melayu Brunei

27 05 2010

Malar majal!

Malar jua udah ku pajal
Inda jua luan kan memajal
Kan tepuruk, teperidukku
Luan dituruti, dibawai rasa atu.

Abis macamana tah jua gaya
Turun naik ke hulu ke hilir saja
Inda jua selasai ujung-ujungnya
Kakal macamani saja, memajal tah ganya.

Awu atu banar, pebaikku bukut
Bekakai tah kitani, betarik rambut
Macam empat madu, bekelahikan laki
Adang tah luan, banci membanci ani!

Tapi jangan jua luan memajal laki
Karang nada ampit syurga kurnia Ilahi
Peristiwa Israk Mikraj, Allah liatkan arah Nabi
Asbab derhaka kan laki, ke neraka tuju bini!

Keris Warisan
Selasa @ 12:10pm ยท





Puisi duniawi…

22 05 2010

Dunia, apa mau jadi?!

Emangnya Tuhan udah janji
Kiamatnya dunia nanti pasti
Soalnya apa siap manusiawi?
Siksa neraka, surgawi dinikmati?
Nah, sekarang dosa lagi?
Taubat nasuha belum lagi?
Aku sekadar ingatin diri
Kerna perlu insafi sendiri
Ya ampunnya lagi, lagi!
Wewenang dosa tanpa henti!
Gimana sih hidup begini?
Porno hawa nafsu berahi
Berleluasa maharajalela sana sini
Potret profil Kartini terkini
Bogel lho semakin seksi
Yang cewek goda lelaki
Cowoknya akui ‘nggak beristri
Sang istri curangi suami
Kerudung tudung ‘nggak peduli
Lady Gaga melulu dicontohi
Istilah Muslimah Solehah dihapusi
Nolnya Iman Takwa Ilahi
Batasan akhlak Islami dilampaui!

Keris Warisan





Two-in-One (English poem + Malay poetry)

18 05 2010

Aurora of Love

A pure white young virgin
an aurora-like phenomenon
her angelic appearance
transparent
the bond of fated destiny
in an accidental cyber
romance.

She, the cure of heartaches.
He, the heart-broken victim.

Despite a shattered cupid heart
pierced by a sharp poisoned arrow
her demure, petite and pretty glow
capture his wildest of imaginations.

Her concerned care touches him
his moving fondness for her
drives him head over heels
his feelings for her
overawed by eternal love.

Peace.LOVE.Kindness

Dugaan berliku-liku

Azamku kuat
iltizamku semangat
tekadku berkobar-kobar
cintaku berahi membakar.
Api unggun menyemarak
kepulan asap berarak
bayu sepoi bahasa bertiup
daun nyiur melambai kuncup.
Angin malam menderu seru
ombak pantai meresapi kalbu
betapa malangnya nasibku
mengharungi dugaan berliku.
Tak kan ku menyerah kalah
aku pewaris sakti
musafir kafilah
moyangku perantau
tanah Arab dan China
ku redah hutan belantara
samudera.
Demi cintaku padamu
kerana Ilahi
tetap ku tegak hadapi
berani diri
aku lelaki sejati perwiramu
wahai Pertiwi
pantangku berputih mata
mengundur diri.

Keris Warisan





Puisi cinta suci…

14 05 2010

Cinta suci abadi

Contoh teladani nabi dan sang istri
Saling cinta mencintai sepenuh hati
Muhammad dan Aishah saling menyayangi
Jurang beda usia bisa saja dikompromi
Taat setia istri nabi tak berbelah bahagi
Pokok kebahagiaan khusus untuk suami
Bunga mekar cinta sering bersemi semadi
Dari kecil lagi baja percintaan disirami
Dengan belaian kasih sayang yang mithali
Keagungan cinta sejati sejarah manusiawi
Keredhaan gadis sunti dinikahi demi Ilahi
Kebebasan alam remaja korban cinta abadi.

Keris Warisan

Kesudahannya takdir Ilahi tentukan…

Fikiran semakin menjadi kusut
Otak benak kepalang serabut
Hati parah kekok kelam kabut
Kepala mau pecah, tercabut.
Degupan jantung ganas sentak
Hati membara gelora bak ombak
Hembatan nadi mulai berontak
Bisikan iblis syaitan hasut tembak!
Akal waras rasional walau amarah
Penganiayaan bagaikan panah
Menusuk jiwa dari semua arah
Sumber ketenangan, zikrullah.
Yang hebat dizalimi sebegini
Bisa menahan kesabaran diri
Sampai kapan hati luka dinodai?
Nafsu meronta namun redha Ilahi.
Doa hamba-Nya yang teraniaya
Insya Allah yakin makbul jua
Sang abdi hanya makhluk-Nya
Jika diprovokasi, terima padah-Nya.

Keris Warisan





Poetry of hurtful love…

14 05 2010

I’m hurtin’

Real deep inside
It hurts so bad
In a wakin’ slumber
Both lips dry in murmur
One broken heart
Oozes in bad blood
All nerves wreak havoc
Senses stop in a standstill
Pause to seize the moment
To be one with nature
To turn to the One Almighty
From whom all beings came
And to Him all shall return
Blood pressures stress out
Hypertension level rises
Sick and tired of pills
Let things simmer randomly
When unlucky stroke attacks
Whatever will be, will be
How much love hurts
Death hurts much worse
Life simply comes and goes.

Peace.Love.Kindness